Mencegah Asam Lambung (GERD, refluks asam lambung)

GERD- Refluks Asam Lambung . Penyakit yang memberikan dampak buruk bagi kualitas hidup penderita ini adalah salah satu kelainan yang sering di hadapi masyarakat modern saat ini. Dimana penderita mengalami suatu keadaan patologis yang timbul sebagai akibat dari reflux kandungan lambung ke dalam esofagus yang menimbulkan ketidaknyamanan pada bagian perut atas. Komplikasi berat memperbesar resiko penyakit kanker usus atau lambung pada pasien.

Istilah ” sakit maag” pada masyarakat umum dipakai untuk mengambarkan keluhan -keluhan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan secara umum. Sementara penyakit GERD adalah salah satu yang menyebabkan keluhan maag.

Peningkatan asam lambung bisa menyebabkan luka pada lambung dan saluran pencernaan. Ketika asam lambung masih berada di dalam biasa desebut sakit maag.
Pada saat asam lambung naik ke atas ke kerongkongan maka disebut GERD. Muncul adanya heartburn atau rasa panas pada dada. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan menimbulkan mual, ingin muntah dan dada terasa seperti terbakar.Sifat asam yang korosif menimbulkan iritasi dan membakar lapisan permukaan esofagus/kerongkongan. rasa terbakarnya bahkan bisa sampai leher dan kerongkongan.

Gangguan otot kerongkongan bawah akibat GERD

Akibat lemahnya otot katub/sphicnter kerongkongan bawah. Adanya gangguan pada katub bawah kerongkongan sehingga tidak mampu menahan isi lambung agar tidak balik naik ke kerongkongan lagi. Jika asam lambung terus menerus refluks, maka akan membuat iritasi lapisan kerongkongan, bisa terjadi peradangan (esofagitis).

Jika tidak diobati segera akan menimbulkan pendarahan, penyempitan esofagus.Fungsi Asam Lambung.Asam lambung berfungsi untuk mematikan bakteri yang merugikan masuk ke dalam tubuh, menstabilkan zat gula serta membantu merangsang produksi enzim pencerna protein.

Tahukah Anda bahwa penyembuhan dengan obat-obatan kimia hanya untuk mengurangi jumlah asam lambung saja ? Supplemen Herbal menyembuhkan peyebab GERD
Sedangkan penyebab utama GERD bukan pada kelebihan produksi asam tetapi adanya kegagalan sistem pencernaan dalam mencegah naiknya asam lambung karena lemahnya otot bawah kerongkongan.

Mengurangi jumlah asam lambung hanya untuk mengurangi gejala gejala GERD saja namun belum menyembuhkan penyebab utama GERD. Bahkan penggunaan obat-obatan berlebih bisa mengurangi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan masalah medis yang lain .Saatnya mempertimbangkan penggunaan supplemen Herbal GERD.

Tentu saja bersamaan pola hidup sehat, pola makanan sehat dan konsumsi Supplemen Herbal GERD Asam Lambung dapat mengurangi semua faktor resiko GERD. Perawatan dengan Supplemen Kesehatan Herbal GERD Meningkatkan metabolisme untuk menghilangkan gejala yang ditimbulkan GERD Penyakit yang memberikan dampak buruk bagi kualitas hidup penderita ini adalah salah satu kelainan yang sering di hadapi masyarakat modern saat ini.

Gejala Penyakit GERD

  • Rasa panas pada ulu hati.
  • Rasa panas yang menjalar dari dada hingga kerongkongan.
  • Pada tahap awal adanya keluhan-keluhan tidak nyaman pada bagian perut, terutama bagian perut atas.
  • Sering mengalami nyeri dan mual karena merasa begah atau penuh gas di dalam perut.
  • Terasa asam dan berbau pada bagian dalam mulut hingga tenggorokan.
  • Kotoran BAB berwarna hitam, sebagai isyarat bahwa bagian dalam tubuh mengalami luka.
  • Pada kondisi kronis penderita penyakit lambung bisa mengalami muntah darah sebagai pertanda bahwa sudah terjadi erosif pada lambung.Penderita menunjukkan kelelahan yang luar biasa.

Jika gejala penyakit GERD tersebut tidak segera diobati akan menyebabkan gangguan yang lainnya seperti :

  • Masalah pernapasan :
    Terjadi akibat asam lambung yang naik sehingga asam lambung bersentuhan dengan kerongkongan hingga paru-paru.
  • Kerusakan gigi dan bau mulut :
    Kondisi dimana asam lambung sudah naik melalui esofagus sampai ke mulut yang dapat menyebabkan terjadinya erosi pada gigi dan bau mulut.
  • Heartburn atau nyeri ulu hati :
    Ulu hati terasa nyeri dan panas karena asam lambung meningkat secara signifikan.
  • Esofagus Barret :
    Sel pelapis kerongkongan (squamous) pada tahap ini sudah mengalami kerusakan berat akibat terlapisi oleh asam dari lambung.
  • Kanker esofagus :
    Lemahnya otot pada bagian perut akibat asam lambung yang naik pada bagian esofagus menyebabkan iritasi pada epitel yang dimiliki oleh esofagus atau kerongkongan, hal ini lah yang dapat menjadi penyebab kanker kerongkongan atau esofagus.
  • Kanker lambung :
    Gejala yang sama dengan gangguan lambung di alami juga oleh penderita kanker lambung sehingga paramedis menganggap orang dengan penyakit atau gangguan pada lambung punya resiko lebih tinggi untuk mengalami kanker lambung.

Faktor risiko timbulnya gejala penyakit GERD ?
Beberapa hal yang menyebabkan seseorang beresiko tinggi mengalami gangguan lambung adalah sebagai berikut :

  • Pengguna obat anti nyeri : Obat anti nyeri mengandung zat yang dapat mengikis dinding lambung sehingga penggunaan yang berkelanjutan bisa berbahaya bagi kesehatan lambung.
  • Orang tua : Usia tua mempengaruhi kinerja organ-organ dalam tubuh termasuk lambung.
  • Perokok dan peminum alkohol : Zat berbahaya yang terkandung di dalam minuman beralkohol bisa menyebabkan erosi di dinding lambung.
  • Stress : Stress rupanya dapat menyebabkan penderita stress mengalami gastritis akut.
  • Pelaku diet : Diet yang di jalankan tidak sesuai dengan anjuran dari ahli biasanya malah mengakibatkan pelaku diet terserang gangguan lambung seperti gastritis atau pun GERD.

Khasiat Supplemen Herbal GERD

Mempertimbangkan efek negatif yang ditimbulkan obat-obat medis ada baiknya mencari alternatif lain yang lebih aman yaitu herbal natural. Supplemen herbal yang aman tanpa efek samping. Supplemen herbal memperbaiki sistem pencernaan, terutama otot kerongkongan bawah sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Seperti kita ketahui bahwa sistem pertahanan tubuh kita dalam kondisi normal efektif untuk menangani gejala gejalanya

Leave a Reply