Supplemen Herbal efektif menurunkan Kadar Gula

Supplemen Herbal bermanfaat bagi penderita Diabetes Melitus untuk mengontorl tingkat kadar gula dalam darah.

Supplemen Herbal dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap normal, meregenerasi sel tubuh dan mengembalikan fungsi metabolisme yang merupakan akar permasalahan penyakit diabetes melitus. Sementara obat diabetes Kimia hanya mampu mengontrol dan menurunkan kadar gula darah saja. Simak penjelasan di bawah ini.

Mengenal Penyakit Diabetes ?

Penyakit diabetes adalah gangguan metabolisme karena  kurangnya produksi insulin oleh pankreas, atau insulin tidak cocok dengan tubuh. Jika sel-sel pankreas mengalami kerusakan , mati dan tidak ada regenerasi  sel yang baru maka akan terganggunya produksi insulin oleh pankreas.

Apa Fungsi  Insulin bagi tubuh ?

Fungsi Utama Insulin bagi tubuh selain menjaga kadar gula darah normal adalah :

  1. Insulin  beredar  keseluruh sel  tubuh melalui darah. Insulin mengantarkan glukosa (gula darah ) menuju jaringan sel seperti  otot dan liver , dimana dapat dibakar langsung atau disimpan untuk nanti
  2. Insulin mengedarkan Asam Lemak ( Fatty Acids ) ke dalam jaringan otot, liver dan lemak,dimana dapat  langsung dibakar atau digunakan nanti.
  3. Insulin mengedarkan Asam Amino kedalam jaringan otot dan liver, dimana mereka digunakan untuk  sintesis protein, dibakar untuk menjadi energi atau dirubah menjadi komponen lain

Bagaimana Tubuh kita mengontrol  tingkatan gula darah  ?

Insulin adalah Kunci  dalam mengontrol tingkatan Gula Darah dan menjaga kadar gula normal, berikut ini adalah prosesnya :

  1. Ketika kita makan , tubuh kita merubah makan menjadi glukosa
  2. Ketika gula darah naik , pancreas memproduksi  insulin
  3. Darah membawa glukosa dan insulin ke seluruh sel di dalam tubuh
  4. Insulin berperan sebagai kunci untuk “ membuka “ sel 
  5. Sel menyerap  glukosa dalam darah  masuk kedalam sel dan merubahnya menjadi energi.

Berikut kisaran nilai kadar gula darah normal :

  • kadar gula darah Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL
  • kadar gula darah dihitung dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL
  • kadar gula darah setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL
  • kadar gula darah menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL

Jenis-jenis Diabetes

Penyakit Diabetes dibagi menjadi 2 jenis ,Yaitu  Diabetes Tipe 1 dan Diabetes tipe 2 :

Diabetes Tipe 1  biasa disebut diabetes kering

Diabetes Tipe 1 adalah disebut juga penyakit Autoimune, yaitu ketika insulin yang memproduksi sel dalam pankreas dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh. menyebabkan glukosa (gula darah) tetap tinggal di dalam peredaran darah. Sehingga menaikan level gula dalam darah yang tidak bisa diperbaiki  secara alami.

Maka Penderita Diabetes Tipe 1 membutuhkan atau ketergantungan terhadap Insulin. Penyebab Diabetes Tipe 1 belum dapat dipastikan, kemungkinan dikarenakan keturunan. Penderita   Diabetes tipe 1 sangat jarang  diperkirakan 5% dari penderita diabetes.

Diabetes Tipe 2 biasa disebut diabetes basah

Diabetes Tipe 2 Diabetes Mellitus atau disebut juga gula darah tinggi  adalah disebabkan karena tubuh tidak cukup memproduksi insulin atau ketika tubuh  resistan ( menolak ) terhadap insulin yang diproduksi. Obesitas atau kelebihan berat badan dan tingginya gula darah adalah faktor utama berisiko terkena Diabetes tipe 2 (diabetes basah) .

Diabetes gestasional

Diabetes Tipe Gestasional  adalah kondisi diabetes selama proses kehamilan. Diabetes tipe ini akan menghilang setelah melahirkan, namun beberapa kasuh bias menetap terjadi seusai melahirkan.

Diabetes ini memang tidak mematikan , namun tetap di waspadai agar tidak tejadi tensi darah tinggi dan eklampsia.

Bahaya penyakit Diabetes Melitus mengakibatkan komplikasi. Akibat yang ditimbulkan oleh Gula darah tinggi adalah komplikasi yaitu :

  1. Gangguan pembuluh darah besar seperti pembuluh darah jantung, pembuluh darah otak  ( Makroangiopati ) menyebabkan penyakit jantung,stroke, depresi,demensia.
  2. Gangguan pembuluh darah kecil ( Mikroangiopati ).
  3. Gangguan persarafan ( Neuropati ) menyebabkan gangguan penglihatan, gangguan pendengaran.
  4. Kelainan Otot jantung ( Kardiomiopati ).
  5. Disfungsi Ereksi.
  6. Rentan terkena infeksi menyebabkan luka dan infeksi padang sulit sembuh, kerusakan kulit akibat infeksi jamur dan bakteri.

Gejal gejala Diabetes secara umum

Ciri ciri umum Diabetes Melitus Tipe 2 atau gula darah tinggi adalah :

  1. Rasa haus yang meningkat dan frekuensi produksi urin yang berlebih.
  2. Rasa lapar meningkat. Tanpa cukup insulin untuk memindahkan gula ke dalam sel Anda, otot dan organ Anda menjadi kehabisan energi. Ini memicu rasa lapar yang hebat.
  3. Penurunan berat badan Meski makan lebih banyak dari biasanya untuk menghilangkan rasa lapar, Anda bisa menurunkan berat badan. Tanpa kemampuan untuk memetabolisme glukosa, tubuh menggunakan bahan bakar alternatif yang disimpan dalam otot dan lemak. Kalori hilang karena kelebihan glukosa dilepaskan dalam urin.
  4. Kelelahan. Jika sel-sel Anda kekurangan gula, Anda mungkin menjadi lelah dan mudah marah.
  5. Penglihatan kabur.
  6. Luka penyembuhan lambat atau infeksi yang sering. Diabetes tipe 2 memengaruhi kemampuan Anda untuk  menyembuhkan dan melawan infeksi.
  7. Area kulit yang gelap. Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 memiliki bercak kulit gelap dan beludru  di lipatan dan lipatan tubuh mereka – biasanya di ketiak dan leher.
  8. Kesemutaan pada ujung-ujung kaki dan tangan
  9. ciri khusus pada pria adanya disfungsi ereksi
  10. ciri khusus pada wanita adanya gatal pada kemaluan ( pruritus vulva) dan gangguan seksual

Makanan herbal yang dapat menurunkan gula darah

Beberapa makanan penurun gula darah puasa agar mendekati kadar gula darah normal antara lain :

  1. Berberine menurunkan gula darah puasa sebayak 68 mg/dl .Obat tradisional cina ini memiliki efek menurunkan gula darah.Berberine ditemukan dalam akar dan kulit kayu dari sejumlah tanaman yang digunakan untuk tujuan pengobatan mengkonsumsi 500mg/hari , 3 kali/hari selama 13 minggu memungkinkan menurunkan gula darah puasa sebanyak 68 mg/dl (3,78 mmol/l)
  2. Aloe Vera menurunkan gula darah puasa sebanyak 46,6 mg/dl Aloe vera atau dikenal dengan nama lidah buaya .Mengkonsumsi lidah buaya 50 – 300mg/hari memungkinkan menurunkan  gula darah puasa sebanyak 46,6 mg/dl ( 2.6 mmol/l).
  3. Bawang putih atau garlic menurunkan gula darah puasa sebanyak 35.8 mg/dl .Mengkonsumsi 300mg/hari bubuk bawang putih selama 8-12 minggu memungkinkan mengurangi gula darah puasa sebanyak 35.8 mg/dl (2 mmol/l)
  4. L-Carnosine menurunkan gula darah puasa sebanyak 13,1 mg/dl .Supplemen L-Carnosine membantu menstabilkan kadar gula darah normal. Mengkonsumsi 1000mg/per selama 12 minggu memungkinkan mengurangi gula darah puasa sebanyak 13.1 mg/dl (0,7 mmol/l)
  5. Kayu putih  atau disebut cinnamon. Mengkonsumsi 3g/hari selama 8 minggu memungkinkan  menurunkan gula darah sebanyak 11,8 mg/dl (0,66 mmol/l)

Tahukah anda ?
bahwa obat diabetes kimia hanya berfungsi mengontrol gula darah seumur hidup.

Supplemen Herbal Optimate Chocolallalga Cereal  menuntaskan ke akar permasalahan menuju kesembuhan. Makanan Kesehatan herbal bukan hanya menurunkan gula darah diabetes melitus, namun memperbaiki sel rusak penyebab terganggunya system metabolism.

Bagaimana cara mengontrol Level gula darah ?

Pasien dengan indikasi diabetes tentu sangat perlu untuk mengontrol gula darah agar terhindar dari kondisi yang lebih buruk lagi.

Pentingnya menjaga tekanan Gula Darah dengan cara :

  1. Menjaga agar tekanan gula darah selalu mendekati angka normal
  2. Pilihlah makan yang sehat dan baik untuk metabolisme
  3. Gunakan indeks glikemik untuk membantu menentukan makan yang akan dimakan
  4. berolahraga  santai sekitar 30 menit perhari.

Mengontrol  level gula dengan menerapkan perhitungan  indeks glikemik dalam menentukan makanan yang kita konsumsi.

Apakah Indeks Glikemik (IG) itu ?

Dalam dunia medis, Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia. Ukuran ini berupa skala dari 0-100. Sangat berguna bagi penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darah normal.†Dalam dunia medis, Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia. Ukuran ini berupa skala dari 0-100. Sangat berguna bagi penderita diabetes dalam menjaga kadar gula darah normal.

Cara membaca Indeks Glikemik

Tingkatan Indeks Glikemik dibagi menjadi 3 yaitu

  • Pertama Tingkatan HIGH Glycemic   nilai  70+  . Makanan dengan indeks Glikemik tinggi artinya makanan tidak bagus untuk penderita diabetes, hindari dan berbahaya  jika dikonsumsi.
  • Kedua Tingkatan MODERATE GLYCEMIC(sedang) nilai 55 s/d 69 Makanan dengan indeks glikemik sedang artinya makanan boleh dikonsumsi dengan hati hati ( cek setelah mengkonsumsinya).
  • Ketiga Tingkatan LOW GLYCEMIC (rendah) nilai 0 s/d 54 Makanan dengan indeks glikemik rendah artinya makanan aman untuk di konsumsi.

Pengaruh mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi adalah :

  1. mudah dicerna dan diserap
  2. Peningkatan gula darah berlangsung cepat
  3. melepaskan energi lebih cepat
  4. cepat merasa lapar sehingga  ingin makan lebih banyak

Pengaruh mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah adalah :

  1. Lebih lambat dicerna dan diserap
  2. peningkatan gula darah berlangsung lambat
  3. melepaskan energi lebih lambat
  4. munculnya rasa lapar lebih lama sehingga makan lebih sedit

Mengapa Indeks Glikemik menjadi penting ?

Dengan mengkonsumsi obat diabetes basah herbal tubuh kita akan ada dalam performa terbaik karena gula darah relatif stabil atau mendekati kadar gula darah normal. jika gula darah kita terlalu rendah, kamu akan mengalami  Lethargy yaitu  gejala  yang menyebabkan rasa kantuk,cenderung lamban dalam bergerak dan berfikir. Meningkatkan rasa lapar.

jika gula darah  tinggi, otak kita akan mengirim sinyal ke pankreas agar memproduksi insulin. Insulin akan membuat gula darah turun  terutama mengubah kelebihan gula menjadi lemak yang disimpan. semakin tinggi angka gula darah semakin banyak juga tubuh kita membuang kelebihan jumlah insulin melalui urin dan menyebabkan gula darah kembali turun.


Table Indeks Glikemik

Jenis MakananIndeks
Glikemik
Takaran
saji (gram)
Beban
Glikemik
BAKERY
Tortila gandum
30508
Kue Pisang dengan gula476014
Tortila Jagung525012
Kue Pisang tanpa gula556012
Hamburger61309
Roti Putih713010
Roti gandum71309
SEREAL
Nasi merah5015014
Oatmeal5525013
Jangung rebus6015020
Nasi putih8915043
MINUMAN
Jus Apel tanpa pemanis44250ML30
Jus jeruk tanpa pemanis50250ml12
Soft Drink
68250ml23
DAIRY
Susu skim32250ml4
Yoghurt lowfat buah3320011
Susu penuh lemak41250ml5
Es Krim57506
Buah
Jeruk Bali251203
Pear381204
Apel391206
Jeruk401204
Pisang6212016
Semangka721204
Kacang-kacangan
Kacang Tanah7500
Kacang panggang401506
Wortel35802
Ubi7015022

Mengkonsumsi Supplemen Herbal alami dari tumbuhan dapat menurunkan gula darah tinggi, menstabilkan kadar gula darah normal dan terutama memperbaiki sel metabolisme terutama pankreas.

Leave a Reply