Mengurangi Rasa Sakit Pinggang belakang Akibat Saraf Kejepit

Sakit pinggang belakang adalah salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat. Dari sekian banyaknya penyebab sakit pinggang, saraf terjepit adalah penyebab nyeri pinggang terbanyak.
Sakit pinggang belakang akibat saraf kejepit berbeda dengan sakit pinggang biasa. Pada umumnya nyeri terjadi akibat akitivitas yang berat seperti mengangkat barang berat , terlalu lama duduk atau berdiri dan bisa hilang dengan sendirinya.

Namun sakit pinggang belakang karena saraf kejepit adalah gangguan saraf yang terjadi karena adanya penonjolan (hernia) bantalan (nucleus pulposus) di cakram diantara ruas tulang belakang tubuh manusia (diskus). Ketika tonjolan tadi menekan saraf akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa.

Cara Mengenali sakit pinggang belakang akibat saraf kejepit

Ciri-ciri yang bisa menjadi tanda sakit pinggang belakang Saraf terjepit yaitu :

Merasakan nyeri sakit pinggang saat melakukan akitivitas tertentu.
Rasa nyeri tersebut biasanya menjalar dari pinggang belakang ke kaki dan lutut.
Sakit pinggang belakang biasa penyebabnya akibat kekakuan otot yang bisa sembuh dengan sendirinya,
namun untuk HNP saraf kejepit bertahan lama.

Gejala HNP lumbal ,jika terjadi di punggung bawah , maka yang merasakan sakit adalah bokong,paha dan betis serta kaki, yaitu :

  1. Nyeri pinggang menyebar ke bokong, selangkangan, tungkai.
  2. Otot tungkai dan jari kaki merasakan lemah.
  3. Adanya rasa baal/kesemutan di pinggang sampai kaki.
    Nyeri sering timbul pada saat terlalu lama membungkuk dan duduk namun berkurang setelah berbaring pada sisi yang sehat dengan posisi tungkai agak menekuk.

Gejala HNP cervical, Jika terjadi pada tulang belakang leher, maka yang sering dikeluhkan adalah nyeri di bahu dan lengan. Keluhan sering terjadi pada saat mengerakkan leher, yaitu :

  1. Rasa nyeri di belakang kepala, leher, bahu, lengan dan jari tangan.
  2. Otot bahu, lengan dan jari tangan merasa lemah
  3. Adanya rasa baal/kesemutan di leher sampai ke tangan.

Adanya rasa nyeri pada saat melakukan posisi tertentu.
Sering mengalami kesemutan di bagian tubuh yang terkena saraf kejepit.

Jika anda merasakan gejala sakit pinggang belakang akibat saraf kejepit maka lakukanlah tindakan serius jangan sampai komplikasi terjadi. Pertimbangkan juga untuk mengkonsumsi supplemen makanan kesehatan yang baik untuk membantu atasi saraf kejepit . Penanganan dengan mengkonsumsi herbal membantu meringankan rasa sakit dan sekaligus memperbaiki gangguan fungsi organ tubuh lainnya.


Fungsi utama Optimate Herbal adalah menjaga sistem metabolisme tubuh , dengan mengoptimalkan seluruh fungsi organ tubuh agar berfungsi optimal,melancarkan peredaran darah agar sel/saraf mendapatkan nutrisi yang baik serta memperbaiki sistem imunitas tubuh, tidak mudah terserang penyakit.

Bahaya Saraf Kejepit

Ketika keluhan saraf kejepit tidak segera di tangani, dalam jangka waktu tertentu dapat menimbulkan komplikasi antara lain :

  • Kondisi otot yang melemah atau mengecil , mengalami atropi otot yaitu penurunan massa otot. Mempengaruhi serabut syaraf dan jaringan lain menjadi lemah juga.
  • Kehilangan kontrol otot sphinter yang mengontrol agar urin tidak bocor dan mengendalikan alirannya sesuai sinyal dari saraf otak untuk berkemih
  • Mengalami Paralis yaitu ketidakmampuan pergerakan
  • Terjadi perdarahan ,Infeksi dan inflamasi pada tingkat pembedahan diskus spinal.

Proses Terjadinya HNP Sakit Saraf Kejepit ?

Tulang belakang manusia (columna vertebra) terdiri dari sederet ruas tulang (vertebra) yaitu :

  • tulang leher (cervical),
  • tulang punggung (thoracal),
  • tulang pinggang (lumbal),
  • tulang bokong (sacral) dan
  • tulang ekor (coccygeus).

Tulang-tulang tersebut dipisahkan oleh cakram kecuali tulang sacral .

Didalam cakram terdapat bantalan yang lentur (nucleus pulposus). Bantalan tadi diselubungi oleh serat jaringan yang kuat berbentuk cincin yang disebut annulus fibrosus. Fungsi cakram adalah :
Menyerap goncangan (shock absorber). Berperan penting dalam kelenturan pergerakan tulang belakang.


Bila cakram melemah dapat merobek cincin pelindung ( annulus fibrosus) yang mengakibatkan bantalan/nucleus pulposus menonjol dan berpotensi menekan/menjepit sumsum tulang belakang dan/atau saraf di sekitarnya. Kondisi ini yang dikenal sebagai HNP Saraf Kejepit.

Penyebab Saraf kejepit

  1. Penyebab saraf kejepit terbanyak adalah proses penuaan atau keausan yang disebut degenerasi diskus intervertebra. Biasanya terjadi saat usia 30 – 50 tahun.Bertambahnya usia mempengaruhi kadar air tulang belakang. Hal ini membuat tulang kurang fleksibel dan rentan mengalami robek atau pecah.
  2. Akibat stress fisik dari jenis pekerjaan yang mengharuskan mengangkat barang dengan cara berulang, menarik, mendorong, membungkuk kesamping dan memutar menjadi penyebab saraf kejepit.
  3. Riwayat trauma atau kecelakaan yang pernah dialami bisa menjadi penyebab saraf kejepit mengakibatkan saraf kejepit di waktu tertentu
  4. Kelemahan otot-otot perut, tulang belakang karena kurang aktivitas salah satu penyebab saraf kejepit.
  5. Faktor Keturunan memiliki kecenderungan untuk lebih terkena HNP.

Cara mengurangi rasa sakit pinggang belakang

  • Salah satu cara mengurangi rasa sakit pinggang adalah dengan menjaga berat badan yang sehat, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Karena kelebihan berat badat akan membuat tekanan lebih besar pada diskus punggung bawah.
  • Rajin berolahraga dan melakukan peregangan sehabis melakukan aktivitas yang melelahkan atau sehabis duduk dengan waktu yang lama merupakan cara untuk mengurangi rasa sakit pinggang.
  • Seringkali terjadi saat mengangkat barang berat posisi tubuh membungkuk meningkatkan resiko cidera saraf kejepit. Maka gunakan teknik angkat yang aman, yaitu dengan menekuk lutut terlebih dahulu sebelum mengangkat.
  • Biasakan melakukan perenggangan otot ketika bekerja duduk atau berdiri terlalu lama
  • Memperkuat otot punggung,kaki dan perut dengan melakukan olahraga teratur.

Cara mempercepat penyembuhan Saraf Kejepit

  1. Perbaiki sistem metabolisme tubuh agar darah bisa lancar ke seluruh tubuh .
  2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk sel agar dapat memperbaiki sel /saraf yang rusak.
  3. Hindari melakukan aktivitas mengangkat beban berat terlebih dahulu,
  4. Mengkonsumsi makan yang merangsang hormon-hormon pertumbuhan, tiroid, kalsitonin, mengandung vitamin D.
  5. Mengkonsumsi obat saraf kejepit herbal aman tanpa efek samping.

Leave a Reply